Selasa, 13 September 2016

Jualan Suzuki Nggak Laku, Dealer Pindah Haluan

KTM Indonesia yang dinaungi PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) terus memperlebar jaringan dealernya, dengan target 9 hingga 10 dealer baru hingga akhir tahun ini. Agresivitas PJLM mempengaruhi dealer-dealer yang sudah terlebih dahulu eksis. Baru-baru ini, Mitraindo yang sebelumnya merupakan dealer Suzuki di Serpong dan Rempoa berpindah haluan menjadi dealer KTM.

Perpindahan ini dianggap wajar, mengingat kondisi roda 2 Suzuki yang tidak menentu. Hanya mengandalkan one hit wonder Satria F150 dan Address membuat dealer kesusahan. Mengakibatkan biaya oprasional yang tinggi tidak dibarengi dengan angka penjualan yang baik. Bahkan dibeberapa daerah banyak dealer Suzuki yang tutup karena terus menanggung kerugian.
Tidak menutup kemungkinan langkah Mitraindo ini akan diikuti dealer-dealer lainnya. Karena KTM PJLM serius menggarap pasar di Indonesia dan Suzuki masih belum memastikan masa depannya. Sekian.

2 komentar:

  1. sepertinya Suzuki akan menjadi bagian dari sisa-sisa sejarah perjalanan roda dua di Indonesia, seperti halnya Minerva, Jialing, Kanzen, Qingqi, Happy, Nasha, Daiheiyo, Tossa, dan sederet merk2 tidak jelas lainnya.
    anyway, terima kasih Suzuki atas pernah hadirnya dirimu dalam sejarah permotoran tanah air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menarik nih untuk dijadikan artikel, makasih idenya mas bro

      Hapus