Jumat, 09 September 2016

Kecil-kecil Cabe Rawit - Suzuki RK67

Masih dalam rangka kemenangan Suzuki di MotoGP Silverstone minggu kemarin, Riderismo ingin mengajak pemirsa melihat lagi secuil terobosan teknologi yang pernah dilakukan Suzuki. Terobosan teknologi itu berbentuk sebuah motor yang diberi kode RK67 dan digunakan untuk berlaga di WorldGP (sekarang MotoGP) tahun 1967 kelas 50cc.

Tapi, biarpun bermesinkan hanya 2-silinder 50cc 2-tak, kemampuan dan teknologi motor ini sudah jauh melampaui masanya. Bayangkan saja, dengan mesin mungil itu, RK67 ditopang oleh transmisi 14-percepatan. Yup, anda tidak salah baca, 14-percepatan.

Kombinasi dari mesin dan transmisi itu mampu mengantar RK67 menembus kecepatan 176 km/jam dan memuntahkan tenaga 17,5hp pada 17,500rpm, tenaga segitu kalau jaman sekarang hampir menyamai motor 150cc 4-tak.

Dengan terobosan yang dimilikinya, RK67 berhasil mengantar pembalap Jerman Hans-Georg Anscheidt menjadi juara dunia, dan Suzuki mengunci gelar konstruktor di tahun yang sama. Namun sayangnya, perubahan regulasi oleh FIM pada tahun 1968 yang membatasi motor 50cc menjadi 1-silinder 6-percepatan membuat Suzuki tidak dapat melanjutkan pengembangannya dan mundur dari WorldGP.
Walaupun si kecil cabe rawit ini sudah tidak dikembangkan lagi, tapi terobosan yang dilakukan akan tetap ada dalam sejarah. 2-silinder 50cc 2-tak 14-percepatan, bagaimana pendapat pemirsa dengan RK67 ini?


3 komentar: