Rabu, 14 September 2016

Mimpi Mengharapkan DOHC VVA di Yamaha BK6 (New R15)

Sudah bukan rahasia lagi kalau Yamaha tengah mempersiapkan pengganti R15 dengan kode Yamaha BK6. Yang masih menjadi rahasia adalah mesin apa yang digunakan, karena sampai saat ini satu-satunya yang hampir dapat dipastikan dari mesin BK6 adalah menggunakan teknologi VVA seperti yang digunakan pada Nmax. Belum dapat dipastikan apakah basisnya menggunakan mesin lama SOHC seperti R15 saat ini atau menggunakan mesin baru DOHC. Walaupun kemungkinan terbesar tetap akan mengandalkan mesin SOHC, Riderismo punya mimpi Yamaha mau menggunakan mesin DOHC VVA pada motor terbarunya ini.

Kenapa harus menggunakan DOHC VVA? selain agar Yamaha tidak mengeluarkan produk nanggung, penggunaan DOHC VVA akan menetapkan benchmark baru di kelas 150cc dan akan menguntungkan konsumen. Logikanya, ketika Yamaha mengeluarkan DOHC VVA, Yamaha akan membuat benchmark baru di kelas 150cc, kemudian pesaing akan mengeluarkan produk yang lebih baik, kalau sudah begini tentu saja konsumen yang diuntungkan dengan adanya produk-produk baru berteknologi canggih, selain itu kemungkinan bersaing secara harga juga akan terbuka lebar.
Tapi, itu semua kan hanya mimpi, harapan yang hampir dapat dipastikan tidak akan terealisasi bila melihat bagaimana ngototnya Yamah tetap menggunakan mesin lamanya selama ini. Intinya kita sebagai konsumen hanya bisa wait and see, bagaimana pendapat pemirsa?

2 komentar:

  1. teknologi vva ngga terlalu sih, mending rubah karakter mesin dari overstroke ke overbore.. pasti laris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu... masalahnya, Yamaha mau mendengarkan apa nggak

      Hapus