Kamis, 15 September 2016

Karya Seni Miniatur Motor dari Pere Tarrago

Disebuah kota kecil di pinggiran Spanyol, Molins de Rei, hidup seorang legenda miniatur bernama Pere Tarrago. Kemampuanya diakui diantara pembuat miniatur lain sebagai sebuah karya yang sempurna hingga detail terkecil. Karyanya diburu kolektor, biker dan pecinta miniatur. Apa sebenarnya yang membuat karyanya begitu spesial?


Pere Tarrago bukan hanya seorang seniman, dia adalah seorang pengrajin yang perfeksionis. Setiap karyanya begitu detail, hingga akan sulit membedakan antara miniatur dan model aslinya bila tidak melihat langsung. Itu karena dia selalu membawa setiap model motor yang akan dia buat ke workshop-nya sebagai refrensi untuk menciptakan bagian demi bagian. Bagian-bagian motor yang dia buat juga dapat digerakkan dan berfungsi seperti aslinya.

Motor yang menjadi modelnya kebanyakan berasal dari era klasik pabrikan Spanyol dan Italia, seperti Bultaco Metralla 62, MV Agusta 750 S, Montesa Impala 175 Sport, dll. Motor - motor tersebut dibuat dengan material seperti aslinya. Setiap karyanya membutuhkan 500 hingga 600 jam untuk diselesaikan bergantung pada tingkat kesulitan. Tidak heran karya-karyanya dihargai cukup tinggi, mulai dari kisaran 30juta rupiah hingga 170juta rupiah.
Harga diatas belum termasuk bila koleksinya jatuh ke tangan kolektor, karena harganya bisa meningkat berkali lipat bila sudah ditangan orang yang tepat. Jadi bagaimana, apakah ada pemirsa yang tertarik? Kalau Riderismo sih cuma bisa menikmati saja dari foto. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar